Femidom, Kesempatan Lindungi Diri

Kini perempuan punya kesempatan untuk melindungi dirinya dari infeksi penyakit dan kehamilan yang tidak diinginkan. Pemerintah kini sedang melakukan uji coba femidom (kondom khusus perempuan) di Papua untuk mencegah dan meminimalkan penularan HIV/AIDS di sana yang terus meningkat beberapa tahun terakhir ini. Selain di Papua, KPA juga tengah melakukan uji coba di Semarang (lokalisasi Sungai Kuning) dan Jatinegara, Jakarta. Nantinya, kampanye penggunaan kondom khusus perempuan ini akan disebarluaskan ke seluruh Indonesia. Selama ini pengambil keputusan untuk menggunakan kondom ada di tangan laki-laki, padahal banyak laki-laki yang menolak menggunakan kondom. Pemakaian kondom sebagai alat kontrasepsi di kalangan pasangan yang sudah resmi menikah pun juga masih sangat sedikit. (lebih…)

Published in: on 5 Februari 2007 at 8:08 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

Macam-Macam Bentuk Selaput Dara

Selaput dara dalam bahasa medisnya dikenal sebagai hymen, yaitu membran tipis yang secara biologis tidak mempunyai fungsi apapun namun mempunyai beban kultural dan psikologis yang sangat berat bagi wanita.Tapi ternyata tidak hanya tubuh yang bisa dilihat bentuknya, selaput darah pun mempunyai bentuk dengan derajat kelembutan dan fleksibilitas yang berbeda-beda. Semuanya bersifat individual, seperti penelitian yang dilakukan Frank H. Netter, MD. yang termuat dalam bukunya The Human Sexuality. Menurutnya ada bermacam bentuk selaput darah. (lebih…)

Published in: on 5 Februari 2007 at 8:00 am  Komentar (77)  

Virginitas, Pentingkah….??

Virginitas atau keperawanan merupakan lambang kesucian seorang gadis. Begitu pentingnya hingga harus dijaga sebaik mungkin. Banyak kalangan di masyarakat yang meyakini jika hilangnya keperawanan sebelum pernikahan merupakan hal yang memalukan. Khususnya bagi kita orang timur, keperawanan lebih merupakan persoalan kultural. Oleh karena itu sering terjadi ketidakadilan gender disitu, dimana perempuan cenderung dipojokkan dan dituntut untuk menjaga keperawanannya, sementara laki-laki tidak pernah dipermasalahkan keperjakaannya. (lebih…)

Published in: on 5 Februari 2007 at 7:58 am  Komentar (32)  

Virginitas…

Sepenggal kata ini sangat besar pengaruhnya bagi wanita. Soalnya itu menyangkut akan kehormatan seorang wanita.Begitu juga pria, selalu menanyakan virginitas perempuan yang ingin dinikahinya.

Saat aku terjaga dari tidurku tadi malam, iseng kuhidupkan radio dan mendengarkan suatu topik yang sangat menarik yaitu ”Virginitas”. Sang penyiar mengatakan apakah yang akan kamu lakukan jika kekasihmu mengajakmu untuk bercinta dengannya. Yah dengan alasan kalau kamu gak mau berarti kamu gak sayang dengan pacarmu. Wah Seru juga tuh!!!…

Setelah line telp dibuka, beneran aja…banyak penelpon yang masuk. Dan rata-rata itu cowok…tapi aku cukup bangga dengan jawaban dan komentar yang mereka katakan, bahwa virginitas itu harus dijaga. Rasa sayang itu bukan harus ditunjukkan dengan cara seperti itu, kalau kita sayang pada kekasih kita maka kita gak kan mungkin merusaknya. Kira-kira begitulah komentar salah satu penelpon.

Ada juga yang berkomentar, tanya dulu sama pasangannya kenapa dia mau melakukan hal itu, apakah dia sudah pernah melakukannya atau emang ingin menunjukan rasa sayangnya pada pasangannya. Tapi rasa sayang gak harus seperti itu, kembali seperti jawaban pertama tadi. Lagi pula kalau cewek melakukan hal itu harus dipikirkan resikonya, apa kamu sudah yakin kalau sidia benar-benar akan jadi pasangan hidup?Kalau tidak, gimana jadinya klo kamu berhubungan lagi dengan orang lain dan dia tau klo kamu gak virgin lagi, yang rugikan kamu sendiri.

Ehm…. emang benar seh semua yang mereka katakan, buat apa kita melepaskan virgin kita hanya karena ingin membuktikan bahwasanya kita sayang ma tuh cowok. Mungkin bagi cowok sendiri itu seh gak ada ruginya, karena mereka gak punya cacat. Kalau cewek, rugi bangetkan? Karena itu adalah kebanggaan seorang wanita yang akan ia berikan pada suaminya kelak.

Sebenarnya spekulasi tentang virginitas, Cuma gak semuanya harus aku tulis disini, tapi yang perlu diketahui bagi cewek, khususnya cowok. Keperawanan seseorang sering kali diukur dengan utuh atau tidaknya selaput dara. Ini adalah pandangan yang salah, karena selaput dara perempuan berbeda-beda ukuran dan elastisitasnya, ada yang tipis dan mudah rusak, kemudian ada yang lentur sehingga bisa jadi ia akan tetap utuh walau perempuan tersebut sudah berhubungan intim dengan laki-laki.

Makanya salah besar kalau seorang laki-laki menandai masih perawan atau tidaknya seorang perempuan dengan keluarnya bercak darah dari vagina perempuan ketika pertama kali berhubungan. Karena tidak ada hubungannya pecahnya selaput dara dengan keluarnya darah. Darah hanya akan keluar kalau pembuluh darahnya tersentuh atau terluka. Dan perlu diingat, bagi selaput dara berukuran tipis dan tidak begitu lentur, ia bisa terkoyak walau hanya terbentur ketika si perempuan jatuh misalnya.

So, bagi wanita mempertahankan keperawanan merupakan suatu yg sangat berat. tapi bukan lelaki namanya kalo tidak egois. kaum lelaki, yg paling modern sekalipun selalu mengharap istrinya nanti tetap menyerahkan keperawanan untuknya seorang di malam pertama. walau dia sendiri sudah banyak ‘memecahkan’ keperawanan sejumlah gadis2 lain. lho? trus gimana tuh nasib gadis2 yg tidak perawan, kalo semua lelaki mengharap istri yg perawan????…

Published in: on 8 Januari 2007 at 8:35 am  Komentar (21)  

Anoreksia, Tren atau Kelainan?

Kultur budaya pop yang kerap menyuguhkan selebritis bertubuh langsing atau proporsional kerap menjadi sosok yang ingin ditiru oleh sebagian besar masyarakat.

Ini membuat mereka menghalalkan segala cara untuk memperoleh tubuh bak idolanya. Seakan terobsesi, diet ketat saja dirasa tak cukup sehingga timbul suatu penyakit yang membawa mereka pada fenomena Anoreksia Nervosa.

Sebagian kita barangkali bertanya, apa sih Anoreksia nervosa? Anoreksia diambil dari gabungan perkataan Greek(Anerektos) dan latin (Nervosa) yang artinya tiada selera. Apakah ini semacam penyakit atau tren yang banyak dianut selebriti kelas dunia? Yang jelas dan perlu dicatat adalah: Anoreksia nervosa merupakan kelainan, bukan tren. Biasanya penderita Anoreksia ditandai dengan perubahan gambaran tubuh sendiri, munculnya ketakutan luar biasa akan kegemukan, penolakan untuk mempertahankan berat badan normal sehingga mereka ngotot diet mati-matian agar mendapat badan super kurus, atau bahkan memuntahkan kembali makanan yang sempat ditelan dan masuk ke lambung (kelainannya disebut Bulimia), hilangnya siklus menstruasi pada wanita.

Sekitar 95% penderita Anoreksia adalah perempuan. Tak mengherankan, soalnya jika dikaitkan dengan isu kecantikan, para perempuan lebih gampang ‘diintimidasi’ termasuk gambaran tentang tubuh ideal (atau super kurus) agar bisa disebut ‘cantik’.

Kelainan Anoreksia biasanya mulai timbul pada masa remaja atau dewasa. Penyakit ini biasanya menyerang mereka yang berasal dari kalangan sosial ekonomi menengah atas. Berdasarkan derajatnya, Anoreksia bisa bersifat ringan dan sementara atau berat dan berlangsung lama.

Sejauh ini penyebab pasti tidak diketahui, namun faktor sosial tampaknya memegang peran penting. Penderita Anoreksia akan merasa bahagia dan lebih sukses jika mereka berhasil menurunkan berat badannya sehingga menjadi lebih langsing. Karena mereka merasa dengan badan gemuk menjadi tidak menarik, tak sehat serta tidak diinginkan lingkungan.

Gejala kelainan anoreksia ini bisa dilihat pada perempuan, yang mana perempuan tersebut menjadi sangat teliti dan kompulsif dengan standar tinggi untuk berprestasi dan sukses. Gejala umumnya yaitu depresi, kepercayaan diri yang rendah, penampilan yang tidak proporsional, hubungan keluarga yang terganggu, nafsu makan berkurang,?sulit mengontrol emosi, mudah terjangkit penyakit, berat badan ringan,?dan kekurangan nutrisi.

Indikasi awal dari kecenderungan terjadinya kelainan ini adalah meningkatnya perhatian terhadap makanan dan berat badan, bahkan pada penderita yang sebelumnya sudah kurus. Keasyikan dan kecemasan mengenai berat badan semakin meningkat, sejalan dengan semakin kurusnya badan penderita. Meski sudah kurus, penderita tetap merasa gemuk, selalu menyangkal jika hal itu salah. Meski merasa lapar, mereka akan mengabaikannya, karena merasa takut ‘gemuk’.

Penderita merasa dirinya ‘normal’ dan tidak ada yang salah dengan hal tersebut, sehingga tidak merasa ke dokter.

Pengobatan penyakit Anoreksia ini cukup sulit karena mereka beranggapan tak ada yang salah dalam diri mereka. Untuk pengidap yang terindikasi kurang dari 6 bulan, tak perlu dirawat secara khusus di rumah sakit, hanya butuh perhatian, kasih sayang serta perawatan dari keluarga maupun rekan terdekat. Untuk pengidap Anoreksia yang lebih serius, harus dibawah bimbingan dokter yang khusus menanganinya serta mengganti pola makannya dan mengkonsumsi obat-obatan yang dianjurkan dokter agar dapat pulih seperti sedia kala kembali.

Published in: on 19 Desember 2006 at 10:00 am  Komentar (16)  

Apa itu Bulimia?

Bagaimana dengan bulimia?Apa itu bulimia?

Bulimia Nervosa berasal perkataan latin (bous Limos Nervosa) yaitu lapar dan juga gangguan emosi makan dengan cara memumtahkan kembali makanan yang baru saja dimakan.

Anoreksia dan bulimia adalah kelainan pola makanan yang sering terjadi pada wanita, biasanya merupakan bentuk penyiksaan terhadap diri sendiri. Dimana kedua keadaan itu sama bahayanya bagi tubuh. Gangguan tersebut dihasilkan oleh ketakutan bahwa tubuh akan menjadi gemuk setelah makan dan ketakutan itu terpancar melalui penyiksaan fisik.

Kedua kelainan ini sekilas hampir sama. Namun, apa yang membedakan antara keduanya ialah amalan menahan daripada menerima apa juga makanan sehingga terjadi anoreksia, sementara bulimia hanya terjadi kepada individu yang mempunyai nafsu makan, tapi memuntahkan kembali secara diam-diam.

Ciri-ciri awal pengidap bulimia bermula dangan berdiet dan bersenam secara berlebihan, makan banyak tapi selalu memuntahkan kembali atau mengonsumsi obat diuretic untuk memuntahkan kembali semua makanan.

Akibat kebiasaan memuntahkan kembali makanan yang telah disantap penderita bulimia mempunyai beberapa masalah kesehatan, seperti terjadinya luka pada dinding perut, radang pada usus buntu, denyut jantung tidak teratur, kerusakan pada ginjal karena rendahnya asupan posatium, rusaknya email gigi karena terciptanya produksi asam yang berlebihan ketika muntah, dan terhentinya menstruasi.

Berbeda dengan anoreksia. Ciri penderita anoreksia biasanya tumbuh dari lingkungan keluarga yang menekan pentingnya prestasi sebagai nilai kebanggaan keluarga. Mempunyai perhatian yang berlebihan tentang kesempurnaan penampilan karena si penderita ingin mendapat perhatian dari orang tua mereka yang terlalu sibuk.

Ditandai dengan perubahan fisik seperti rambut rontok, terhentinya menstruasi, detak jantung melambat, tekanan darah rendah dan tidak mampu menahan rasa dingin. Biasanya memiliki depresi yang lebih parah dibandingkan penderita bulimia dan dapat menyebabkan kerusakan hati serta organ vital lainnya jika berat badannya turun dibawah batas normal.

Published in: on 19 Desember 2006 at 9:56 am  Komentar (6)  

You Know Girls…

Siapa yang tak mendambakan tubuh yang sehat dan wangi? Pasti tidak ada. Hal ini juga berlaku bagi area intim perempuan. Area intim yang sehat dan wangi tak hanya membahagiakan pasangan, namun juga dapat mendongkrak rasa berdiri pribadi yang bersangkutan. Banyak cara dilakukan untuk membuat area intim tetap dalam kondisi prima. Ada yang melakukan ratus, mencuci dengan air sirih atau rajin membasuhnya dengan cairan antiseptik. Benarkah langkah itu?

Tunggu dulu. Teryata pemakaian air rebusan daun sirih atau cairan antiseptik untuk area intim perempuan tidak disarankan. Kenapa? Pasalnya keduanya bersifat bakterisid alias mematikan semua mikroba, tanpa memandang itu bakteri baik (flora normal vagina) atau bakteri patogen (bersifat merugikan). Jika hal ini berlangsung terus-menerus, bukan kondisi sehat yang didapatkan area intim kita, tapi malah sebaliknya, bisa terjadi infeksi. Ih, nggak mau kan? Infeksi vagina terjadi karena terganggunya keseimbangan ekosistem di area tersebut.

Ekosistem vagina sendiri adalah lingkaran kehidupan yang terdapat pada vagina, dipengaruhi oleh dua unsur utama yaitu estrogen dan bakteri Lactobacillus (bakteri baik). Jika keseimbangan ekosistem ini terganggu, bakteri Lactobacillus akan mati dan bakteri patogen tumbuh.

Banyak faktor yang menjadi penyebab ketidakseimbangan ekosistem vagina, yaitu kontrasepsi oral, penyakit diabetes mellitus (kencing manis), pemakaian antibiotik, darah haid, cairan mani, penyemprotan cairan ke dalam vagina (douching) dan gangguan hormonal (pubertas, menopause atau kehamilan).

Maka, menjaga keseimbangan ekosistem vagina adalah cara paling alamiah dan efektif dalam merawat kesehatan vagina serta mencegah timbulnya infeksi. Bagaimana caranya? Sebaiknya Anda simak yang ini: Sebuah uji klinis yang dilakukan di poliklinik Sitologi RSCM membuktikan manfaat ekstrak susu bagi kesehatan vagina. Susu?

Pernahkah hal itu terlintas di benak Anda?

Ternyata, susu mengandung zat aktif yang diesktrak menjadi asam laktat dan laktoserum yang secara klinis terbukti mengurangi keluhan gatal, rasa terbakar dan keputihan pada vagina.

Penelitian terhadap 71 kasus fluor albus (keputihan) dengan keluhan rasa gatal, terbakar dan keputihan dengan memberikan larutan asam laktat dan laktoserum dua kali sehari selama dua minggu, menunjukkan pengurangan rasa gatal sebesar 86,1%, pengurangan rasa terbakar 87,5% dan pengurangan keputihan 81,1%

Dari hasil uji klinis disimpulkan bahwa asam laktat dan laktoserum bermanfaat mengurangi keluhan karena keputihan dan menghambat pertumbuhan jamur (kandida) dan dermatofit (kapang). Jadi bagaimana agar mendapatkan ekstrak susu berupa asam laktat dan laktoserum. Kalau ingin hasil ‘jadi’ dan tinggal pakai carilah bahan pembersih yang mengandung dua zat tersebut. Karena saat ini banyak cairan pembersih wanita yang dijual dipasaran, seperti Lactacyd yang mempunyai tingkat keasaman normal.

Now you know, girls!

Published in: on 20 September 2006 at 7:00 am  Komentar (2)  

Jika Kita Mencintai Seseorang

Jika kita mencintai seseorang, kita akan senantiasa mendo’akannya walaupun dia tidak berada disisi kita.

Tuhan memberikan kita dua kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita ? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya. Itulah Cinta …

Jangan sesekali mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba. Jangan sesekali menyerah jika kamu masih merasa sanggup. Jangan sesekali mengatakan kamu tidak mencintainya lagi, jika kamu masih tidak dapat melupakannya.

Cinta datang kepada orang yang masih mempunyai harapan, walaupun mereka telah dikecewakan. Kepada mereka yang masih percaya, walaupun mereka telah dikhianati. Kepada mereka yang masih ingin mencintai, walaupun mereka telah disakiti sebelumnya dan Kepada mereka yang mempunyai keberanian dan keyakinan untuk membangunkan kembali kepercayaan.

Jangan simpan kata-kata cinta pada orang yang tersayang sehingga dia meninggal dunia lantaran akhirnya kamu terpaksa catatkan kata-kata cinta itu pada pusaranya. Sebaliknya ucapkan kata-kata cinta yang tersimpan dibenakmu itu sekarang selagi ada hayatnya.

Mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dan bercinta dengan orang yang salah sebelum bertemu dengan orang yang tepat, kita harus mengerti bagaimana berterimakasih atas karunia tersebut.

Cinta dapat mengubah pahit menjadi manis, debu beralih emas, keruh menjadi bening, sakit menjadi sembuh,
penjara menjadi telaga, derita menjadi nikmat dan kemarahan menjadi rahmat.

Sungguh menyakitkan mencintai seseorang yang tidak mencintaimu, tetapi lebih menyakitkan adalah
mencintai seseorang dan kamu tidak pernah memiliki keberanian untuk menyatakan cintamu kepadanya.

Seandainya kamu ingin mencintai atau memiliki hati seorang gadis, ibaratkanlah seperti menyunting sekuntum mawar merah. Kadangkala kamu mencium harum mawar tersebut, tetapi kadangkala kamu terasa bisa duri mawar itu menusuk jari.

Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yang sangat berarti bagimu, hanya untuk menemukan bahwa pada akhirnya menjadi tidak berarti dan kamu harus membiarkannya pergi.

Kadangkala kamu tidak menghargai orang yang mencintai kamu sepenuh hati, sehingga kamu kehilangannya.
Pada saat itu, tiada guna penyesalan karena perginya tanpa berkata lagi.

Cintailah seseorang itu atas dasar siapa dia sekarang dan bukan siapa dia sebelumnya.
Kisah silam tidak perlu diungkit lagi, kiranya kamu benar-benar mencintainya setulus hati.

Hati-hati dengan cinta, karena cinta juga dapat membuat orang sehat menjadi sakit, orang gemuk menjadi kurus, orang normal menjadi gila, orang kaya menjadi miskin, raja menjadi budak, jika cintanya itu disambut oleh para pecinta PALSU.

Kemungkinan apa yang kamu sayangi atau cintai tersimpan keburukan didalamnya dan kemungkinan
apa yang kamu benci tersimpan kebaikan didalamnya.

Cinta kepada harta artinya bakhil, cinta kepada perempuan artinya alam, cinta kepada diri artinya bijaksana,
cinta kepada mati artinya hidup dan cinta kepada Tuhan artinya Takwa.

Lemparkan seorang yang bahagia dalam bercinta kedalam laut, pasti ia akan membawa seekor ikan.
Lemparkan pula seorang yang gagal dalam bercinta ke dalam gudang roti, pasti ia akan mati kelaparan.

Seandainya kamu dapat berbicara dalam semua bahasa manusia dan alam, tetapi tidak mempunyai
perasaan cinta dan kasih, dirimu tak ubah seperti gong yang bergaung atau sekedar canang yang gemericing.

Cinta adalah keabadian … dan kenangan adalah hal terindah yang pernah dimiliki.

Siapapun pandai menghayati cinta, tapi tak seorangpun pandai menilai cinta karena cinta bukanlah suatu
objek yang bisa dilihat oleh kasat mata, sebaliknya cinta hanya dapat dirasakan melalui hati dan perasaan.

Cinta mampu melunakkan besi, menghancurkan batu, membangkitkan yang mati dan
meniupkan kehidupan padanya serta membuat budak menjadi pemimpin. Inilah dahsyatnya cinta.

Cinta sebenarnya adalah membiarkan orang yang kamu cintai menjadi dirinya sendiri dan tidak merubahnya menjadi
gambaran yang kamu inginkan. Jika tidak, kamu hanya mencintai pantulan diri sendiri yang kamu temukan didalam dirinya.

Kamu tidak akan pernah tahu bila kamu akan jatuh cinta. Namun apabila sampai saatnya itu,
raihlah dengan kedua tanganmu dan jangan biarkan dia pergi dengan sejuta rasa tanda tanya dihatinya.

Cinta bukanlah kata murah dan lumrah dituturkan dari mulut kemulut tetapi cinta adalah
anugerah Tuhan yang indah dan suci jika manusia dapat menilai kesuciannya.

Bercinta memang mudah, untuk dicintai juga memang mudah. Tapi untuk dicintai oleh orang yang kita cintai
itulah yang sukar diperoleh.

Jika saja kehadiran cinta sekedar untuk mengecewakan, lebih baik cinta itu tak pernah hadir.

Published in: on 20 September 2006 at 5:50 am  Komentar (106)  

RAHASIA MATA

Mata bisa mengungkap pelbagai makna, watak, juga firasat yang tersirat. Konon sifat Wanita bisa dilihat dari bentuk matanya. Ayo cari sifat wanita Anda?
• Mata Kecil
Dia memiliki sifat yang ramah, periang, supel tapi kurang pertimbangan. Bila marah lambat sejuknya. Dalam bercinta dia suka gonta-ganti pasangan karena hatinya tidak pernah puas.
• Mata sedang
Dia memiliki sifat sederhana, penuh pertimbangan, bertanggung jawab, tidak banyak rahasia, dan tipe ini selalu membutuhkan belaian mesra suaminya.
• Mata Lebar
Memiliki sifat pemarah, kurang teratur, nggak punya arah, suka putus asa, selalu bertindak tanpa pikir panjang. Tapi dia tipe yang setia dan cukup kuat memegang rahasia, Walaupun otaknya kurang cerdas dan nafsu syahwatnya tinggi.
• Mata selalu berkedip
Wanita ini mempunyai sifat pemaaf, senang diajak berbincang, bisa memahami orang lain, sabar dan baik hati
• Mata Jarang berkedip
Wanita ini sangat istimewa, dia mempunyai sifat bijaksana, berbudi pekerti, setia, adil, bertanggungjawab, tidak cerewet, selalu membantu dan membahagiakan orang lain.
• Mata cekung
Tipe wanita yang kurang puas terhadap sesuatu, dia materialistik, berkata manis tapi sebenarnya bohong, curang, mau senang tapi kalau Anda susah dia tidak peduli.
• Mata redup
Wanita ini mudah dipermainkan, tapi dia memiliki sifat jelek. Irihati, kejam, kasar, pemarah, suka mencemooh, tidak tetap pendirian. Punya banyak kenalan tapi tidak punya sahabat dan tidak bisa menahan emosi,
• Mata seolah tersembur keluar
Sifatnya yang baik dan menyenangkan, selalu mengikuti kata hatinya. Dia rela, tabah terhadap sesuatu. Tapi dia juga bisa menjadi orang yang tidak tepati janji, pendendam, tamak dan marah bila tidak puas nafsu syahwatnya.

Published in: on 21 Juli 2006 at 6:56 am  Komentar (17)  

Cantik Natural

Tepatkah pilihan Anda saat ini? Sekarang bukan jamannya berdandan medok alias berlebihan. Lihat saja sekeliling Anda, riasan yang kebanyakan diminati adalah riasan yang natural.

Jika Anda ingin bereksperimen, tidaklah sulit. Pilihlah warna-warna ‘dingin’ seperti biru muda, pink muda atau hijau muda. Boleh juga coklat tapi jangan terlalu tua dengan eyeshadow yang matte. Bila ingin menampilkan efek kilap. Pilihlah eyeshadow dalam bentuk krim atau glossy.

Pakailah satu warna eyeshadow saja pada kelopak mata. Bila memakai eyeshadow warna netral, lapisi bulu mata Anda dengan maskara berwarna (umumnya yang beredar adalah maskara warna biru).

Untuk mendapatkan ‘efek Asia’, area bawah mata sampai batas apel pipi warnanya harus terlihat lebih terang. Caranya dengan memakai foundation yang setingkat lebih muda dan diberi bedak yang lebih putih.

Kemudian mulai dari apel pipi sampai batas hidung diberi perona pipi warna pink. Kenakan lipstik glossy warna pink (pilih yang paling mendekati warna bibir). Atau cukup hanya dengan mengoleskan lip gloss saja.

Nah, minimalis bukan ? Hanya dengan sekejap, penampilan segar alami sudah bisa Anda dapatkan.

Published in: on 21 Juli 2006 at 5:53 am  Komentar (2)  
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 44 pengikut lainnya.