Cermin seekor Burung

Ketika musim kemarau baru saja mulai. Seekor burung pipit mulai merasakan tubuhnya kepanasan, lalu mengumpat pada lingkungan yang dituduhnya tidak bersahabat. Dia lalu memutuskan untuk meninggalkan tempat yang sejak dahulu menjadi habitatnya, terbang jauh ke utara, mencari udara yang selalu dingin dan sejuk.

Benar, pelan pelan dia merasakan kesejukan udara, makin ke utara makin sejuk, dia semakin bersemangat memacu terbangnya lebih ke utara lagi.

Terbawa oleh nafsu, dia tak merasakan sayapnya yang mulai tertempel salju, makin lama makin tebal, dan akhirnya dia jatuh ke tanah karena tubuhnya terbungkus salju.

Sampai ke tanah, salju yang menempel di sayapnya justru bertambah tebal. Si burung pipit tak mampu berbuat apa apa, menyangka bahwa riwayatnya telah tamat.

Dia merintih menyesali nasibnya. Mendengar suara rintihan, seekor kerbau yang kebetulan lewat menghampirinya. Namun si burung kecewa mengapa yang datang hanya seekor kerbau. Dia menghardik si kerbau agar menjauh dan mengatakan bahwa makhluk yang tolol tak mungkin mampu berbuat sesuatu untuk menolongnya.

Si kerbau tidak banyak bicara, dia hanya berdiri, kemudian kencing tepat di atas burung tersebut. Si burung pipit semakin marah dan memaki maki si kerbau. Lagi-lagi si kerbau tidak bicara, dia maju satu langkah lagi, dan mengeluarkan kotoran ke atas tubuh si burung. Seketika itu si burung tidak dapat bicara karena tertimbun kotoran kerbau. Si Burung mengira lagi bahwa mati tak bisa bernapas.

Namun perlahan lahan, dia merasakan kehangatan, salju yang membeku pada bulunya pelan-pelan meleleh oleh hangatnya tahi kerbau, dia dapat bernapas lega dan melihat kembali langit yang cerah. Si burung pipit berteriak kegirangan, bernyanyi keras sepuas puasnya.

Mendengar ada suara burung bernyanyi, seekor anak kucing menghampiri sumber suara, mengulurkan tangannya, mengais tubuh si burung dan kemudian menimang nimang, menjilati, mengelus dan membersihkan sisa-sisa salju yang masih menempel pada bulu si burung. Begitu bulunya bersih, si burung bernyanyi dan menari kegirangan, dia mengira telah mendapatkan teman yang ramah dan baik hati.

Namun apa yang terjadi kemudian, seketika itu juga dunia terasa gelap gulita bagi si burung, dan tamatlah riwayat si burung pipit ditelan oleh si kucing.

Hmm… tak sulit untuk menarik garis terang dari kisah ini, sesuatu yang acap terjadi dalam kehidupan kita: halaman tetangga tampak selalu lebih hijau; penampilan acap menjadi ukuran; yang buruk acap dianggap bencana dan tak melihat hikmah yang bermain di sebaliknya; dan merasa bangga dengan nikmat yang sekejap. Burung pipit itu adalah cermin yang memantulkan wajah kita…

Published in: on 20 September 2006 at 5:59 am  Comments (76)  

The URI to TrackBack this entry is: https://izzasyifa.wordpress.com/2006/09/20/cermin-seekor-burung/trackback/

RSS feed for comments on this post.

76 KomentarTinggalkan komentar

  1. bagus sekali ceritanya…

    • bagus bangetzz crtanya,,,

  2. Terima kasih ^_^

    • MMuachh…

  3. kacian ya siburung sudah diberaki ama kerbau e dimakan pula ama kucing. tapi bagus kok ceritanya sarat makna. tetap semangat buat izzasyifa.!!!!!!!!!!!!!

  4. wwwwwwwwwwwi bgus jg tp aga ra mdeng cz rung mco k beh

  5. cerita yang singkat, tapi memiliki daya tarik yang memikat.apalagi klo pas lg baca sambil ditemani secangkir kopi hangat,mmmm..nikmat..

  6. Tks ceritanya bagus…Skg jd tau kenapa kt gak boleh ngeremehin org lain yg TAMPILANNYA krg bgs..

  7. waduhhhhh bguzz juga……

  8. baguzzzzzzzzzzzzz

  9. the best…..
    number 1😉

  10. i like this story,,,vi lo mw nampilin ceritaq jg sm ky pux mu lwwt mnx ya???

  11. burung pipit itu mencerminkan… sikap manusia zaman sekarang ini…
    cerita ukhti sangat bagus…🙂

  12. bagus bgt cerpenny

  13. wahh,,kereenn sung! burungnya udah bau kotoran kerbau, ditambah bau mulutnya kucing,,,bohai,,,,menyentuh bgt. asyik lo.. disambil mbaca sama kerbauku di sawah,,he..

  14. Berhati hatilah pada orang yang pura pura baik sama kita. dan jangan sekali kali meremehkan orang.

  15. wiiiich….kren!!!!!bnyak bgt hkmah yg bsa diambil dri stcu

  16. bagus tuch ceritanya,filosofis banget.

  17. Hi cuy,burung mna bsa ngacak . .
    lg pun,dy gk puy cermin . . .
    heheheheh . . . . .
    kiddding . . .
    tp bgus kok cerpennya,

  18. enak donk kotorannya

    mau donk!!!

  19. cerita yang penuh makna…

  20. BUAGUZZZZZ,,,,,,,,,,,!!!!!!!!!!!!!!

  21. Thanks banGet ya teTeh…
    BaGuZz bAnget cerpen nYaW…

  22. tq yeah!!!!!! akhiornya dpt juga wat tugas remidi,,,

  23. muanteppp yahh…
    banyak nilai dapet diambill

  24. baguuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu……….zzzzzzzzzzzzz!!!!!!!!!
    GOOD,GOOD,GOOD,VERY GOOD!!!!

  25. gw ga ngerti tulisan lo

  26. JELEK BANGET YUH CERPEN

  27. ichwan_almaza07@yahoo.com

  28. asmiri@bi.go.id

  29. https://izzasyifa.wordpress.com/2006/09/20/cermin-seekor-burung/#comment-2333

    situs paling jelek

  30. burung ya sapa kak?

    • nu si bapa cuy…

  31. muantap!!!

  32. mmm…
    baguz koq ceritanya!

  33. indah bgt…………………………………………………………………………………………..

  34. Tema tuk cepen ini apha ya???
    dan alasannya knapa???

  35. leh tau gak inspirasinya buat cerpen nie tu dari pah ea???
    ue pngen tau…………………..

  36. kurang panjang.

  37. cerita amat banyak meninggalkan nasihat pada kita semua!!!

  38. burung pipit yang malang…
    memang dunia luar tampak lebih indah tapi kita g tau apa yang
    akan dilakukan dunia kpda kita…..

  39. Bagus bngt cerpennya…

    gw mau izin ngopy bwat tugas sekolah gw, disuruh nyari cerpen

    boleh ya…
    ^_^

  40. ceritanyh simple .
    tapi bagus bngtt !! .
    ada pelajaran pntg iyg bisa kita dapet .

  41. cerita yg bagus, tapi..c kucing nggak ngerasa aneh y ngejilatin burung?? kan habis di ee’in kerbau..hehe..

  42. rada anah ya? tp bagus

  43. very,,,good,,^_^

  44. waahhh……..
    critax mnhrukan banget,,,,,,,
    smg sukses trzz….

  45. sukses

  46. Hehe lucu n penuh makna, tp tanpa sadar itulh kjadian tiap hari. Mugkin mikir kita slalu jd peran c’burung. Tp bisa aj peran kt justru sbagai c’kerbau or bhkn c’kucing?

  47. lucu,,,
    hahahahah

  48. Rada aneh soal.a ada kerbau ama kucing di tempat bersalju
    Tpi tetap bagus kok🙂

  49. ceritanya bagus dan mudah dimengerti.

  50. Subhanallah..
    Inilah yang perlu di perhatikan..
    bahwa tak selamanya duri yang menempel dalam diri kitya bisa dijadikan bumerang kehancuran..
    Dan Tak selamanya pula Permata dan Berlian yang bergelimang di diri kita suatu kebanggaan.
    Karena diabalik itu semua ada hikmah dan arti masing masing

  51. Sarat makna…..I love it

  52. bgzzz buuuuanget crtx….!!!

  53. keren……

  54. ceritanya keren,

  55. .mW mNtA izIn bwT ngOpy nICh CeRPEn aL.Y pU.Y tGs dI sChOoL… eaaACch…😉

    thANks……<a

  56. cukup mnrik and lmyn sdh,,,,,
    xlo burung’a bkn burung pipit mach kya’a luthu….
    cba xlo burunx’a,burung bangau pazti gug khan sdh dech

  57. emg bner c, , ,penampiLan dr luar tU gag sma dr pNMpilan dlmNy, ,
    jd, ,ksmpulnNy tU jgn pRnh ngeremehiN org..
    CerPen ny bnr” brMakna,

  58. Hem…… Maksih nasehatnya

  59. waahhhh critanya asyik ..tpi kciiiaaaan jga m brungnya ….jdi d tlan ama kcing dech ….

  60. i like it’
    cerita ny bagus banget^_^
    lech coppy ya buat tugas sklah nc..Hehehehe^_^’

  61. What informative post

  62. Thankfully some bloggers can still write. Thanks for this piece

  63. […] Cermin seekor Burung […]

  64. At least some bloggers can write. My thanks for this post…

  65. cerpen nya baguss..
    aku suka…

  66. Bagus bgt ceritanya. bisa jadi inspirasi ku.

  67. burug pi”t i2 trlalu s0mb0g & angkuh. . . ,ud d’tl0g g tw brtrima ksih. . . . ,

  68. ceritanya bagus dan bermakna bagi yang membacanya …..

  69. bgus jga cerpen’a… heuummmzzz da lgi kah…??

  70. […] Cermin seekor Burung […]

  71. […] Cermin seekor Burung […]

  72. […] Cermin seekor Burung […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: