Ketika Kami Tak Cocok Lagi

Suami saya adalah seorang insinyur, saya mencintai sifatnya yang alami dan saya menyukai perasaan yang hangat yang muncul ketika saya bersender di bahunya yang bidang. Tiga tahun dalam masa kenalan dan bercumbu, sampai sekarang, dua tahun dalam masa pernikahan, harus saya akui, saya mulai merasa lelah dengan semua itu.

Alasan saya mencintainya pada waktu dulu, telah berubah menjadi sesuatu yang melelahkan. Saya seorang wanita yang sentimentil dan benar-benar sensitif serta berperasaan halus. Saya merindukan saat-saat romantis seperti seorang anak kecil yang menginginkan permen. Dan suami saya bertolak belakang dari saya, rasa sensitifnya kurang, dan ketidakmampuannya untuk menciptakan suasana yang romantis di dalam pernikahan kami telah mematahkan harapan saya tentang cinta.

Suatu hari, akhirnya saya memutuskan untuk mengatakan keputusan saya kepadanya. Saya menginginkan perceraian.

“Mengapa?” dia bertanya dengan terkejut.

“Saya lelah. Terlalu banyak alasan yang ada di dunia ini,” jawab saya.

Dia terdiam dan termenung sepanjang malam dengan rokok yang tidak putus-putusnya. Kekecewaan saya semakin bertambah. Seorang pria yang bahkan tidak dapat mengekspresikan perasaannya, apalagi yang saya bisa harapkan darinya? Dan akhirnya dia bertanya, “Apa yang dapat saya lakukan untuk mengubah pikiranmu?”

Seseorang berkata, mengubah kepribadian orang lain sangatlah sulit, dan itu benar. Saya pikir, saya mulai kehilangan kepercayaan bahwa saya bisa mengubah pribadinya. Saya menatap dalam-dalam matanya dan menjawab dengan pelan, “Saya punya pertanyaan untukmu. Jika kamu dapat menemukan jawabannya yang ada di dalam hati saya, mungkin saya akan mengubah pikiran. Seandainya, katakanlah saya menyukai setangkai bunga yang ada di tebing gunung, dan kita berdua tahu, jika kamu memanjat gunung itu, kamu akan mati. Apakah kamu akan melakukannya untuk saya?”

Dia berkata, “Saya akan memberikan jawabannya besok.”

Hati saya langsung gundah mendengar responnya. Keesokan paginya, dia tidak ada di rumah, dan saya melihat selembar kertas dengan coret-coretan tangannya, di bawah sebuah gelas yang berisi susu hangat, yang bertuliskan:

“Sayang, Saya tidak akan mengambil bunga itu untukmu. Tetapi izinkan saya untuk menjelaskan alasannya.”

Kalimat pertama ini menghancurkan hati saya. Saya mencoba untuk kuat melanjutkan membacanya kembali…

“Kamu hanya bisa mengetik di komputer dan selalu mengacaukan program di PC-nya dan akhirnya menangis di depan monitor. Lalu saya harus memberikan jari-jari saya untuk memperbaiki programnya.

“Kamu selalu lupa membawa kunci rumah ketika kamu keluar rumah, dan saya harus memberikan kaki saya supaya bisa masuk mendobrak rumah, membukakan pintu untukmu.

“Kamu suka jalan-jalan ke luar kota tetapi selalu nyasar di tempat-tempat baru yang kamu kunjungi: saya harus memberikan mata untuk mengarahkanmu.

“Kamu selalu pegal-pegal pada waktu ‘tamu’ kamu datang setiap bulannya: saya harus memberikan tangan saya untuk memijat kakimu yang pegal.

“Kamu senang diam di dalam rumah, dan saya kuatir kamu akan jadi ‘aneh’. Lalu saya harus memberikan mulut saya untuk menceritakan lelucon dan cerita-cerita untuk menyembuhkan kebosananmu.

“Kamu selalu menatap komputer dan itu tidak baik untuk kesehatan matamu. Saya harus menjaga mata saya sehingga ketika nanti kita tua, saya masih dapat menolong mengguntingkan kukumu dan mencabuti ubanmu. Saya akan memegang tanganmu, menelusuri pantai, menikmati sinar matahari dan pasir yang indah. Menceritakan warna-warna bunga kepadamu yang bersinar seperti wajah cantikmu….

“Juga sayangku, saya begitu yakin ada banyak orang yang mencintaimu lebih dari cara saya mencintaimu. Tapi saya tidak akan mengambil bunga itu lalu mati….”

Air mata saya jatuh ke atas tulisannya dan membuat tintanya menjadi kabur dan saya membaca kembali…

“Dan sekarang sayangku, kamu telah selesai membaca jawaban saya. Jika kamu puas dengan semua jawaban ini, tolong bukakan pintu rumah kita, saya sekarang sedang berdiri di sana dengan susu segar dan roti kesukaanmu….”

Saya segera membuka pintu dan melihat wajahnya yang dulu sangat saya cintai. Dia begitu penasaran sambil tangannya memegang susu dan roti. Saya tidak kuat lagi dan langsung memeluknya dan rebah di bahunya yang bidang sambil menangis….

Published in: on 20 September 2006 at 5:56 am  Comments (58)  

The URI to TrackBack this entry is: https://izzasyifa.wordpress.com/2006/09/20/ketika-kami-tak-cocok-lagi/trackback/

RSS feed for comments on this post.

58 KomentarTinggalkan komentar

  1. Hai Yeni,kenalin namaku Merlin Herlina asal Makassar.Aku setahun aja lebih tua dari kamu dan ngomong-ngomong zodiak kita sama lho!
    Kebetulan malam ini aku lembur di kantor.Lagi mendampingi teman-teman yang menyelesaikan tugas-tugas akhir tahun.Trus,iseng-iseng aku browsing di internet cari-cari cerita tentang cinta di Google,eh ngak taunya kecantol di artikel ini.Sebenarnya cerita ini sudah pernah aku baca di sebuah tabloid tapi entah mengapa begitu kubaca kembali di blog kamu ini rasanya beda,gitu.Oya desain blog kamu ini bagus banget-rasanya kepingin lama-lama di sini.
    Cerita ini bikin aku terharu-bagus banget kisahnya.Aku memang belum berkeluarga,akan tetapi sekarang ini ada seorang “teman” yang suka sekali aku menceritakan suatu cerita romance yang happy ending.Yah,kayaknya malam ini aku bakalan bisa ceritain kisah ini ke dia.(Karena kesibukanku aku hanya bisa komunikasi dengan dia lewat jam sepuluh malam).
    Btw,senang bisa kenalan sama orang Medan.Medan dengan Makassar itu jauuuh banget ya?Untungnya sekarang ada internet kayak gini jadi apa yang jauh kini terasa dekat banget.
    Oke,sampai di sini dulu.Salam hangat dariku di kota Daeng-Makassar.

    Merlin.

  2. dearst, yeni
    andai saja dia bs seperti itu mkn aq akan mempertimbangkan semua keputusan yg aq buat…tapi sampai aq nulis coment ini dia msh saja tdk dapat membuat langkahku terhenti utk bs membuatku kembali..seperti dulu
    bagaimana mkn aq bs melanjutkan kehidupan ini jika dia tdk berniat utk memberikanku jawaban yg bs memastikan dia ada utk keluarga kecilnya……..???
    aq begitu tersentuh baca blogmu say..good luck 4 u…thx

  3. cerita itu mirip dengan kisah hidup yang sedang ku jalani tapi ternyata yang harus ku hadapi terlalu rumit dan tidak selalu bisa sesuai dengan keinginan… happy ending tapi berakhir dengan banyak masalah
    tapi tulisan itu sudah bagus dan sangat menyentuh hati… semoga para suami yang berkarakter sama dengan yang ada di dalam cerita, bisa memahami… bahwa istri lebih membutuhkan sebuah perhatian dalam bentuk cinta…

  4. maaf ga bisa komentar sekasang / nanti soslnya g ada wk bw baca sekarang paling nanti……..
    sorry bgz y😦

  5. Hai Yeni..
    Aku 30 th ( tua ya ) ,dr Denpasar. Ceritanya bgs bgt…Suamiku jg punya karakter sama , tp kami ttp enjoy. Krn cinta tdk selamanya ditunjukkan dgn KATA-KATA ROMANTIS. Yg penting DIA ADA SAAT KITA MEMBUTUHKAN.

  6. hai yeni,

    aku suka banget sama ceritanya sampai2 aku ikutan meneteskan airmata waktu baca ceritanya,

    aku berdoa mudah2an di dunia ini ga cuma ada satu laki2 kayak di cerpen kamu supaya akan ada banyak perempuan yang lebih menghargai arti dari pernikahan.
    Dan juga supaya aku dapat mendapatkan lelaki yang baik dalam hidup aku

  7. kenalkan nama aku Joel masry, aku sangat terinspirasi dengan cerpen kamu, aku suka. “mencintai seseorang dengan harus menjadi seperti yang kita inginkan, berarti kita mencintai bayangan sendiri yang terpantul pada dia..
    coba ini ya!!!
    http://www.rumahku-secerahhati.blogspot.com

  8. Terima Kasih kpd kakak Yeni yah ttg semu ini mengajarkn ku pada arti sebuah cinta,karena menurutku cinta itu bull shit banget tapi aku akan tetappada pendirian
    AKU GAK AKAN PERNAH JATUH CINTA LAGISAMPAI AKU BISA MENEMUKAN YANG COCOK BUAT AKU MUNGKIN SEWAKTU UMURKU 35 TAHUN LAGI
    CINTA MEMANG MENYAKITKAN

  9. sumpahhhh…. cerita ini bisa buat gw netesin air mata… cuz gw termasuk orang yang paling gengsi buat ngeluarin air mata …. tapi ini bener2 buat gw tersentuhhh …. hikz
    good luck yeaaaa … !!!!

  10. aku terharu sekali dengan ceritanya, bagus!
    aq jg orang yg sangat egois dan tak pernah mau mengalah tp Tuhan sangat baik hati beliau telah mengirimkan seseorang yg begitu sabar. sampai aq menyadari tentang kesalahanku. Ada tipe cowok tak bisa romantis tapi dia akan melakukan apa saja untk org yang dicintainya.

  11. bagus banget………!

  12. Ceritanya keran abis……………!!!!!!!!!!!!!!!!
    Insya Allah kalo nti q udah married q kn mencintai suamiku dg caranya sndiri dan q jg kn mencintainya dg caraku sendiri, serta q kn selalu berusaha untk menjadi istri yg soleha dan menjadi yang terbaik baginya. Terlalu sempurna sichhhhhhhhhhh!!! tapi g d salahnya kan kalo dicoba.
    Dan cerita diatas sudah menginspirasi q…..

  13. hai… yeni

    suweerrr bagus banget ceritanya…..
    slama aku masih bernafas ku kan slalu merindukanmu…
    cerita di atas menginsprirasi q….

  14. hai yeni:-)

    knalin q benk asal mojokerto,surabaya……mw coment aja cerpen yg agak pnjang g ada ta??q mw copy bwt tgs d’skul loch:-P

  15. hiiiii……… mba yeni asli bagus banget, emang q pernah baca kisah kyak gini btw emank ada sedikit perbedaan. membaca cerpen2 mba yeni semakin memotivasi q untuk mencoba terus untuk memperbaiki diri. Insya Allah

  16. aku sangat kagum kepadamu hai shobat,,,,
    q ingin berbagi pengalaman bersamamu boleh kan,,,??
    di blz y…

  17. jujur ya cerpennmya bagus jag tapi cba aja lebih dalam lagi pasti w campe nangsis dakh……..
    tank ea wat cerpen………..????????????

  18. hebatt.
    aq mmang cwe yg gampang nangis,tp kalo nangis baca certa dpn monitor itu blm pnah.
    bener2 bikin aq tesenyum tapi mnagis d dpn monitor…

  19. W0uw. . . , . Bguz bgd. Kta2 s0 sweet. . . . .

  20. pokok e is the bezt……
    karena tak selamanya cinta harus diungkapkan dengan kata2.
    namun mampu utk memahami semuanya itu telah mampu utk mengungkapkan 1001 perasaan yang timbul di dalam hati.
    perempuan memang suka hal2 yang bersifat romantis…termasuk saya.
    salam super……………….
    HAN_ASTY
    jakarta

  21. very nice…………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Q suka dg cerpeny….mf y Q lum pnya komentar………
    salam kenal dari Q ya??????????
    Chintya Devi
    REOG PONOROGO

  22. kerennnnn…….romantis bgt…

  23. duch co cweatx….!!!!!!

  24. Baguss…
    Masuk akal n mencerdaskan..

  25. hai yeni..cerpennya bagus. He he sebenarnya suamiku juga bukan tipe romantis lho..bner banget sih sebagai wanita kita selalu ingin dipuja, dimanja,seromantis mungkin. Namun tidak semua laki-laki mempunyai gaya yang sama untuk menunjukkan cintanya. Aku bisa melihat cinta dia dari caranya sms aku tiap saat sekedar untuk menanyakan “sedang apa kamu?”, dari keinginannya untuk cepat pulang ke rumah setelah tugas dinasnya, dari kerelaannya membantu tugas rumah tangga tanpa diminta, dari pengertiannya untuk tidak membangunkan tidur lelapku saat ia membutuhkan bantuanku, dari caranya menyorongkan bantal saat aku tertidur di depan tv, dari kesediaannya menunggui aku belanja…dan masih banyak lagi yang lain. Bagiku yang penting dia sungguh mencintaiku, entah bagaimana caranya ia menunjukkannya….salam kenal yahh

  26. judulnya diganti aja. mbak…mas..

    Ketika Kami Cocok Lagi

    ok kan !!!! pasti seneng semua.

    taklukkan cinta walau itu keras dan sangat2 sulit.

    uhhhh cinta…cinta ….bikin hidup kita penuh warna.

    setelah membaca cerpennya gua salut ma pengorbanan seorang istri insyinyur…. seakan-akan tidak memperdulikan keadaannya sendiri…. salut-salut-salut….

    cobalah saat dipagi hari tengok keluar rumah dan hirup udara segar pandangi embun yang menempel didedaunan. saat malam datang pandangi bintang yang bertebaran di langit serta rasakan semilir angin malam walau itu sebentar…. semoga menjadi candu asmara yang selalu ingin kau rasakan.

  27. lam kenal yeni… tertarik ne ama cerita yg ini, sebenarnya dah pernah baca tp lupa dimana.. he.. boleh ya ku kutip ke note fb ku ceritanya.. makacy..

  28. cerpennya bagus2……………..

  29. awlnya baca biasa aja,,,,but before that,,, Aku tersentuh baca tulisan kamu,,,,lam manis

  30. Dear Yeni,

    aq sudah baca kisah ini sejak 2005 (sblm ktm kekasih hati yg skarang jd suami), kebetulan suami saya jg seorang engineer, dan smua yg di ceritaiin kisah diatas 80% sama spt yg aq alami…(trutama kelakuan “istri” dan perilaku “suami”, kecuali ending nya… ga seromantis itu, hehehehe…)
    sampai saat ini kl lg ngrasa suami kurang sayang, aq suka baca cerita ini…

    I always refresh my mind with this story,
    to remind, my husband is very love me…
    to remind me, we love each other…
    Forever and ever, Love you Abangku…

  31. ini romantis banget.
    melalui aq bs blajar untuk tdak menilai seseorg hanya dari satu sisi saja.

  32. wehhhhh… bagus banetttzzzzz…
    pokoknya top deh….
    tuisannya bagus banget aku tersentuh…..

  33. Subhanallah!!! karyanya bagus sekali. meski usia sy saat ini masih 19 tahun, tapi sy sangat mendambakan suami yg bener2 sayank n menerima aku kaerena kelemahanku. buat mbaknya, salam kenal. dan terus berkarya

  34. cerpennya so sweet…
    I like this…

  35. crita ny bgus,,
    like this,,
    smpe gak sdar netesin air mata pas bcany..

  36. haey, au fari (17th)
    au suka bgt ma crite nie, so sweet!
    au pn9en nambah nie,gmn kalo alasan suaminya itu dtambh dg “aku tdk akan men9ambil bun9a itu lalu mati karna au msh ingin mlihat wajah cantikmu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    au jg in9un menjadi seorang penulis

  37. haey, au fari (17th)
    au suka bgt ma crite nie, so sweet!
    au pn9en nambah nie,gmn kalo alasan suaminya itu dtambh dg “aku tdk akan men9ambil bun9a itu lalu mati karna aku msh ingin mlihat wajah cantikmu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!”

    au jg in9un menjadi seorang penulis seperty anda

  38. ow,,ow,, so sweet bgt, andai ku punya suami seperti itu…. qu pengen bisa nulis cerpen seperti anda

  39. thnx mbk:/ bgtu aq bca cerpen ini,aq jdi teringat ma someone & bilang Aq slalu Sayang ma dia..!!!
    cerpen ny bgus & mbuat aq banyak belajar mmahami sifat
    pasangan
    SUKSES ych Mbkkkkk

  40. ceritanya sngt menyentuh,,bagus bngt,, emang,cinta itu ga harus lewat kata2…

  41. Kak Yeni

    Ceritanya Buat Aku merinding…
    Bagus Banget…
    Sampe mau nangis bacanya…

    Kyen…
    Kyen…

  42. merinding baca’a..
    mau nangis tapi malu cz lg dkantor

  43. ADUUUUUUUUUUUUUWWWWHHHHHH,,,CO CWEEET,,kbtlan aq lg fight ma my husband,yg karakterx super duper gak romantis,,,jd ngrasa bersala deeeeeee…

  44. Postingan yang keren n nyentuh, bleh g q copy paste?

  45. subhanallah,,, 🙂

  46. gila kata-kata dlm suratnya,,Menyentuh banget

    nice

  47. keren…
    Gimana sih Mbak buat Cerita so sweet kayak gitu…

  48. Gimana sih Mbak buat Cerita yang kayak gitu???

  49. hey…salam kenal
    aku qynan, ceritanya bagus banget…
    mudah – mudahan suamiku jg begitu

  50. […] Ketika Kami Tak Cocok Lagi […]

  51. Keren abis..

  52. Sama kya cerita aku ya…
    Ngak semua laki2 itu harus romantis menurutku laki2 yang mencintai kita dg tulus itu sudah lebih dr apapun,Tapi baru kali ini aku merasakan antara cinta dan benci memang sangat sulit untuk dibedakan bayangkan kamu mencintai seseorang tp orang itu hanya mempermainkan kita,
    kita mencoba membencinya tp rasa benci itu tidak bisa mengalahkan rasa cinta kt pd orang itu betapa sakitnya hati ini setiap menatap wajahnya ingin berpaling tp hati ini masih ingin berkata bahwa aku tidah bisa melupakan mu . . . . . .
    M’f curht ya..

  53. Sangat menyentuh,Andaikan saja masih ada laki2 yang seperti itu betapa beruntungnya wanita

  54. bene2 mengharukan tapi romantis…

  55. subhanallah!! Jwbnnya sm persis dg yg suami sy lakukan.. RT kami br 6bln.. Aku pun sm, emosional dan sk hal2 romantis..tp suamiku jauh dr yg aku hrpkan!!! Yg jls br ak sdr bhwa yg tepat utkku bknlah keromantisan yg tiap hr di brikan, tp bgmn suamiku “penuh kejutan”! Dan skcl apapun,dia sllu brusha mbhgiakan.. Aku tak ingin lg membuatnya atau mengubhnya mnjd spt mauku..biarlah, dia apa adanya… Manusia itu unique, sm spt qt..unique dg krktrnya msg2… Smkn hr, aku smkn mcntainya..dan dhtiku tumbuh suatu keikhlasan karenaNya.. Hrpnku,smg Allah swt ttp mnjga kami hngga nti.. Amien.

  56. hai saya nurul 29 th.saat sy baca cerpen ini.perasaan saya memang sedang sedih.dan cerita cerpen ini sangat kontras dgn perasaan saya.bdanya ksh cerpen yg happy ending,sdngkan kisah saya hrs selesai krn keegoisan saya.terima kasih utk cerpennya.saya suka kshnya sprti membaca ksh sy sndri.

  57. Reblogged this on Kun – AeNa.

  58. selalu menitikkan air mata tiapkali membaca kisah ini. :’) cinta itu ajaib, perempuan itu rumit, lelaki itu simple..😀


Tinggalkan Balasan

