Anoreksia, Tren atau Kelainan?

Kultur budaya pop yang kerap menyuguhkan selebritis bertubuh langsing atau proporsional kerap menjadi sosok yang ingin ditiru oleh sebagian besar masyarakat.

Ini membuat mereka menghalalkan segala cara untuk memperoleh tubuh bak idolanya. Seakan terobsesi, diet ketat saja dirasa tak cukup sehingga timbul suatu penyakit yang membawa mereka pada fenomena Anoreksia Nervosa.

Sebagian kita barangkali bertanya, apa sih Anoreksia nervosa? Anoreksia diambil dari gabungan perkataan Greek(Anerektos) dan latin (Nervosa) yang artinya tiada selera. Apakah ini semacam penyakit atau tren yang banyak dianut selebriti kelas dunia? Yang jelas dan perlu dicatat adalah: Anoreksia nervosa merupakan kelainan, bukan tren. Biasanya penderita Anoreksia ditandai dengan perubahan gambaran tubuh sendiri, munculnya ketakutan luar biasa akan kegemukan, penolakan untuk mempertahankan berat badan normal sehingga mereka ngotot diet mati-matian agar mendapat badan super kurus, atau bahkan memuntahkan kembali makanan yang sempat ditelan dan masuk ke lambung (kelainannya disebut Bulimia), hilangnya siklus menstruasi pada wanita.

Sekitar 95% penderita Anoreksia adalah perempuan. Tak mengherankan, soalnya jika dikaitkan dengan isu kecantikan, para perempuan lebih gampang ‘diintimidasi’ termasuk gambaran tentang tubuh ideal (atau super kurus) agar bisa disebut ‘cantik’.

Kelainan Anoreksia biasanya mulai timbul pada masa remaja atau dewasa. Penyakit ini biasanya menyerang mereka yang berasal dari kalangan sosial ekonomi menengah atas. Berdasarkan derajatnya, Anoreksia bisa bersifat ringan dan sementara atau berat dan berlangsung lama.

Sejauh ini penyebab pasti tidak diketahui, namun faktor sosial tampaknya memegang peran penting. Penderita Anoreksia akan merasa bahagia dan lebih sukses jika mereka berhasil menurunkan berat badannya sehingga menjadi lebih langsing. Karena mereka merasa dengan badan gemuk menjadi tidak menarik, tak sehat serta tidak diinginkan lingkungan.

Gejala kelainan anoreksia ini bisa dilihat pada perempuan, yang mana perempuan tersebut menjadi sangat teliti dan kompulsif dengan standar tinggi untuk berprestasi dan sukses. Gejala umumnya yaitu depresi, kepercayaan diri yang rendah, penampilan yang tidak proporsional, hubungan keluarga yang terganggu, nafsu makan berkurang,?sulit mengontrol emosi, mudah terjangkit penyakit, berat badan ringan,?dan kekurangan nutrisi.

Indikasi awal dari kecenderungan terjadinya kelainan ini adalah meningkatnya perhatian terhadap makanan dan berat badan, bahkan pada penderita yang sebelumnya sudah kurus. Keasyikan dan kecemasan mengenai berat badan semakin meningkat, sejalan dengan semakin kurusnya badan penderita. Meski sudah kurus, penderita tetap merasa gemuk, selalu menyangkal jika hal itu salah. Meski merasa lapar, mereka akan mengabaikannya, karena merasa takut ‘gemuk’.

Penderita merasa dirinya ‘normal’ dan tidak ada yang salah dengan hal tersebut, sehingga tidak merasa ke dokter.

Pengobatan penyakit Anoreksia ini cukup sulit karena mereka beranggapan tak ada yang salah dalam diri mereka. Untuk pengidap yang terindikasi kurang dari 6 bulan, tak perlu dirawat secara khusus di rumah sakit, hanya butuh perhatian, kasih sayang serta perawatan dari keluarga maupun rekan terdekat. Untuk pengidap Anoreksia yang lebih serius, harus dibawah bimbingan dokter yang khusus menanganinya serta mengganti pola makannya dan mengkonsumsi obat-obatan yang dianjurkan dokter agar dapat pulih seperti sedia kala kembali.

Published in: on 19 Desember 2006 at 10:00 am  Comments (17)  

The URI to TrackBack this entry is: https://izzasyifa.wordpress.com/2006/12/19/anoreksia-tren-atau-kelainan/trackback/

RSS feed for comments on this post.

17 KomentarTinggalkan komentar

  1. Ya, biar aja yg maunya gitu. Itung-itung untuk mengurangi jumlah penduduk dunia. Wong itu juga maunya sendiri, kok. Dan lagi pula yg gitu-gitu juga biasanya orang2 yg mapan secara ekonomi. Sehingga yg kurus kering tidak hanya orang2 ethiopia saja. kalau yg ini patut kita kasihani dan sangat memerlukan bantuan kita2 yg masih sehat jasmani dan pikiran.
    kalo untuk orang2 yg karena meniru2 para model atau selebritis2 itu, wah….gak usah dipikirin,….masih banyak urusan dunia yg lebih penting yg harus segera diselesaikan oleh para orang2 yg masih normal pikirnya.
    mungkin juga para pengidap anoreksia itu mau unjuk solidaritas kali, untuk turut merasakan kelaparan……..
    Semoga kita2 yg masih “sehat pikirnya”, tidak ikut ketularan…..

    Makasih ya..atas opini kamu..tapi tidak semua orang berfikiran seperti kamu..yah mudah2an aja orang2 masih berfikiran sehat..ok thanks

    • Mengurangi penduduk dunia ya?? Knp ga lu aja yg dimatiin? Dunia ga butuh orang GA GUNA kayak lu, yg HANYA bisa MEN-JUDGE orang tanpa mengerti perasaan orang tersebut

  2. penderita anoreksia walau tidak menyebabkan kerugian bagi orang lain tetap harus menjadi perhatian kita bersama.
    kita tidak boleh hanya melihat dari perilaku makannya yang menyimpang, lihat juga apa yang menjadi sebab munculnya anoreksia itu.
    kita tidak akan pernah tahu siapa yang akan mengalami penyakit ini, bisa jadi teman kita, sahabat, saudara bahkan mungkin kita sendiri, karena penderita anoreksia cenderung menyembunyikan kebiasaan makannya ini.
    penderita anoreksia memiliki kepercayaan diri yang rendah, karena itu mereka mencoba mencapai kepercayaan dirinya melalui bentuk tubuh yang ideal agar dipandang cantik dan menarik
    banyak diantara kita memiliki persepsi bahwa bentuk tubuh yang ideal harus KUTILANG alias kurus, tinggi, lansing.
    hal ini kemudian menjadi pendorong bagi orang-orang yang tidak puas dengan bentuk tubuhnya bersedia melakukan apasaja untuk bisa memenuhi gambaran diatas.
    penderita anoreksia membutuhkan teman yang bisa diajak bertukar pikiran dan membantu meraka memahami bahwa bentuk tubuh ideal bisa diperoleh tanpa harus menyakiti tubuh mereka sendiri.
    ini juga menjadi tugas kita sebagai bagian dari masyarakat yang menanamkan pola pikir akan kesempurnaan bentuk tubuh harus dimiliki wanita agar tampil cantik.

    • betulllll
      aku setuju pendapatmu.

      tp, dia kn cm memaparkan dan blog ini termasuk referensi untuk kita.

  3. mungkin kita semua harus memperhatikan masalah yang satu ini juga. menurut saya, ada kemnungkinan kita sendir lah juga yang menjadi penyebab orang lain menderita anoreksia. kita secara ga langsung meledek org dgn menyebut gendut,karung beras,dll yg secara tidak kita sadari telah melukai org.
    mungkin hal ini juga bisa menjadi perhatian para pebisnis kecantikan. mereka semua ‘memajang’ model yang super kurus. harusnya pemerintah juga memperhatikan hal ini. mungkin bia dibikin aturan supaya melarang para agen2 ini menggunakan model yg terlalu kurus.
    dan untuk para penderita atau org yg memiliki gangguan ini..plizz deh, harusnya kamu2 itu bersyukur udh bisa makan, ada banyak org yg ga bisa makan dan mati2 gara2 ini, masa sih kalian mati krn gara2 pgn kurus.. EW!!!
    pokoknya, ini tanggung jwb kita semua, jgn sepelekan masalah yg satu ini. thx, mudah2an berguna..

  4. gw…
    gw penderita anoreksia yg udh akut…
    awal gw kena anorexia gra2 gw pgen bgt jd kaya kk gw yg punya bdan ideal…
    kata tmen2 n kluarga gw,,
    gw punya bdan yg xtra kurus..
    emank sih..
    tinggi gw 163 cm dgn brat bdan 41 kg..
    tp itu gk bikin gw brhnti bwat diet dan akhrya gw kna anorexia d klas 2 smp…
    gw ng post krna gw bnr2 gk mau ad org yg mndrita gr2 diet…
    kena anorexia itu bnr2 gk enak..
    dan itu bsa ngevonis loe hidup gak lama lagi…

    • emang ap yg lo rasain????

      cerita dong.

      ku jga hampir kena.

      tapi, untung aku pnya pacr yg dukung aku utnk mnghentikan kegiatan ku

  5. anorexia????
    coba degh piKir wat apah kalian ngelakuin ini…??
    diet yang berlebihan n akhirnya jd penyakit..
    toh canTiQ bkn karena bentuk tubuh ajah khan??
    macih banyak pertimbangan untuk melihat wanita itu cantiQ..cwo juga gaQ akan tertarik sm yg namanya “cwe KURUS” karena penyakit pula..
    bwat apa c kalian nyiksa diri sendiri bgitu,blum lagy dampak yang akan timbul ke depannya..
    kl mang mo kurus khan macih bs olahraga selaen sehat jg bnyak manfaatnya khan..
    dari sekarang cb lebih berpikir logis sebab dan akibat degh..byar lw2 smua pada ngerti apa hal yang terbaik yg harus lw lakukan sebelum semua terlambat……!
    pikir..pikir n pikir!!! ga perlu ragu ato malu untuk berpikir menjadi wanita yang beda n jauh lebih baik daripada menjadi WANITA ANOREXIA???

  6. aq..
    huff..
    aq rasa aq mulai anoreksia..
    ini dimulai krn byk ce2 kurus langsing n cantik di kampusQ..
    AQ NGERASA MINDER,.
    aq juga pengen punya badan kyk mreka..
    aq pengen banget..
    sampai akhirnya aq jarang makan krn aq takut beratQ bertambah dan ga bs jadi kurus kayak yg aq pengenin..
    kadan kalo terpaksa makan, aq langsung cepet2 ke wc buat muntahin makanan yg udah aq makan..
    aq ga ngerasa ini salah..
    whatever they said about anoreksia..

    • wah perlu ati2 neng…
      egh btw ane promosi pabrik krupuk telo neng mau beli…
      hehehe..gak bikin gemuk neng asal gorengya pake pasir..heheheh

  7. uh, kasian bgt ya… padahal gendut tow kurus tuh kan yang penting mah hatinya….

    ga boleh dong ada anggapan yg lansing tuh cuantiek!!! kata siapa?? bohong banget!

  8. anoreksia

    snap..snap..snap
    gk deh
    coba klian pikirin akibatnya
    klian sm sj make narkoba
    enak sesaat tapi, sesal kemudian
    emang bnyk bgt anggapan kl cntik itu identik dgn bdan yg ideal
    tp, cb kita byangin
    dgn hnya mo jd ce yg kt org cantik
    hrs ngorbanin diri kita bwt gk mkan
    nutrisi dlm tbuh bkal berkrang n klian mmg bklan ngurus
    tp, gmanapun cranya
    klian pst bklan ngerasa gk nyman dgn prubahan trsebut
    soalny klian trlihat kurus dr luar
    tp, tbh tnp disadari kekurangan nutrisi pnting yg nyebabin klian trkena Anoreksia yg berbuntut dgn penyakit maag, ginjal, paru2

    bwt klian yg mo kurus
    hndakny bwt ngurangi jatah mkan yg awalnya sepiring jd setengah piring, olahraga yg teratur, dan jgn lupa makan sayur2an
    krn di dlm syuran terdpt zat yg membuat pencernaan mnjd lncar tnpa hrs diet..
    slmet mncoba
    ho…

  9. Seharusnya mereka gak kayak gitu.
    Klo emng mau kurus,..
    Ya pola makannya di atur, plus olahraga yang cukup…
    Bukannya gwe nyalhin..
    Gwe ini termasuk cewek yang gedut, tapi,, gwew gak sampe segitunya….
    Mungkin karena tekanan.
    Kita sebagai cewek” emang suka klo di bilang cantik.., langsing, dll…
    Tapi,, cantikkna bkan di liat dri luar….

    • cntik itu dlhat dr balik CD GGGHHHHH

  10. Ya,benar gitu…..wat apa ingin menjadi kurus tapi diri sendiri yang merana and tanggung penderitaan… kita sebagai cewek mestilah cantik yang semulajadinya….in kerana cantik bukan saja dilihat dari muka tetapi dari sudut fiziKal dan mental!!!

  11. itu semua karena tren sekarang yang sangat menggila. akibat contoh yang dibuat oleh dunia entertaint. sehingga menjdi tren seajagat raya.

    semoga ini dapat menjadi perhatian kita.
    untuk orang disekitar kita.

  12. ya ampuun pada pada …
    syukuri aja kali


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: