Apa itu Bulimia?

Bagaimana dengan bulimia?Apa itu bulimia?

Bulimia Nervosa berasal perkataan latin (bous Limos Nervosa) yaitu lapar dan juga gangguan emosi makan dengan cara memumtahkan kembali makanan yang baru saja dimakan.

Anoreksia dan bulimia adalah kelainan pola makanan yang sering terjadi pada wanita, biasanya merupakan bentuk penyiksaan terhadap diri sendiri. Dimana kedua keadaan itu sama bahayanya bagi tubuh. Gangguan tersebut dihasilkan oleh ketakutan bahwa tubuh akan menjadi gemuk setelah makan dan ketakutan itu terpancar melalui penyiksaan fisik.

Kedua kelainan ini sekilas hampir sama. Namun, apa yang membedakan antara keduanya ialah amalan menahan daripada menerima apa juga makanan sehingga terjadi anoreksia, sementara bulimia hanya terjadi kepada individu yang mempunyai nafsu makan, tapi memuntahkan kembali secara diam-diam.

Ciri-ciri awal pengidap bulimia bermula dangan berdiet dan bersenam secara berlebihan, makan banyak tapi selalu memuntahkan kembali atau mengonsumsi obat diuretic untuk memuntahkan kembali semua makanan.

Akibat kebiasaan memuntahkan kembali makanan yang telah disantap penderita bulimia mempunyai beberapa masalah kesehatan, seperti terjadinya luka pada dinding perut, radang pada usus buntu, denyut jantung tidak teratur, kerusakan pada ginjal karena rendahnya asupan posatium, rusaknya email gigi karena terciptanya produksi asam yang berlebihan ketika muntah, dan terhentinya menstruasi.

Berbeda dengan anoreksia. Ciri penderita anoreksia biasanya tumbuh dari lingkungan keluarga yang menekan pentingnya prestasi sebagai nilai kebanggaan keluarga. Mempunyai perhatian yang berlebihan tentang kesempurnaan penampilan karena si penderita ingin mendapat perhatian dari orang tua mereka yang terlalu sibuk.

Ditandai dengan perubahan fisik seperti rambut rontok, terhentinya menstruasi, detak jantung melambat, tekanan darah rendah dan tidak mampu menahan rasa dingin. Biasanya memiliki depresi yang lebih parah dibandingkan penderita bulimia dan dapat menyebabkan kerusakan hati serta organ vital lainnya jika berat badannya turun dibawah batas normal.

Published in: on 19 Desember 2006 at 9:56 am  Comments (6)  

The URI to TrackBack this entry is: https://izzasyifa.wordpress.com/2006/12/19/apa-itu-bulimia/trackback/

RSS feed for comments on this post.

6 KomentarTinggalkan komentar

  1. Usia q 19 thn.Aq slh 1 pndrita bulimia.aq g’pnh mlakukan diaet atw ingn b’pnampilan menarik cz aq mrasa tbuh q sdh krus.tp sthun trkhir ini aq mrasa ad kelainan d’lambung q.stiap aq mkan aq slalu muntah,bhkn mkanan it kdg2 hnya smpai d’dada sja,ju2r aq mrasa t’siksa.bgtu jg stia kali sikat gi2,aq slalu mual.bgaimana cra mengatasi bulimia?

  2. klo menurut aq si itu bkn bulimia, mgkin km skt maag.. seorang bulimic itu sengaja muntah’a, klo km kn ga sengaja mlh trsiksa sm keadaan sperti itu.. Coba aja konsul k dktr..

  3. halo.
    saya penderita anorexia asli🙂 haha. bukan suatu hal yang membanggakan emang. tapi bener, ga enak jadi seorang anorexia/bulimia. berat badan turun >4 kilo dan saya emang jadi kurus benjet huah!
    dan sebenernya sih tujuannya bukan karena takut gendut. tapi karena murni stres… dan saya masih begitu sampai sekarang. saya menahan lapar, dan suatu hari saya makan banyak dan saya muntahkan semuanya. rasanya? sakit bo~

    tapi ya itulah pilihan saya… mudah”an penyakit ini bisa berhenti. saya ngga tahan jadi anorex dan bulim..

  4. Memang cara aman & efektif untuk diet adalah makan yg kenyang kmudian dimuntahkan lagi….
    bahkan menurut ahli gizi Genewa-90& artis Hollywood memakai metode ini . . .
    selamat berdiet.

  5. saya baru pulang dari Ohio untuk seminar masalah ini;
    hasilnya memang MAKAN KEMUDIAN DIMUNTAHKAN LAGI ADALAH DIET AMAN & EFEKTIF…

  6. I’m curious to find out what blog platform you have been working with? I’m
    experiencing some small security problems with my latest website and I would like to find something more safe.
    Do you have any suggestions?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: