Virginitas, Pentingkah….??

Virginitas atau keperawanan merupakan lambang kesucian seorang gadis. Begitu pentingnya hingga harus dijaga sebaik mungkin. Banyak kalangan di masyarakat yang meyakini jika hilangnya keperawanan sebelum pernikahan merupakan hal yang memalukan. Khususnya bagi kita orang timur, keperawanan lebih merupakan persoalan kultural. Oleh karena itu sering terjadi ketidakadilan gender disitu, dimana perempuan cenderung dipojokkan dan dituntut untuk menjaga keperawanannya, sementara laki-laki tidak pernah dipermasalahkan keperjakaannya.Sehingga kemudian virginitas menjadi mitos yang sangat sakral dan mendarah daging dalam pandangan masyarakat. Padahal jika ditinjau lebih jauh ada sedikit kekeliruan dalam pendapat itu. Keperawanan yang sering di perbincangkan sekarang ini hanya sekedar robek tidaknya selaput dara. Pecahnya selaput darah dan tidak keluarnya bercak darah belum bisa dikatakan bahwa seorang wanita tidak perawan lagi, karena faktanya secara medis, robeknya selaput dara tidak harus diikuti dengan keluarnya bercak darah. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya :

1. Terlalu rapuh. Bisa jadi selaput dara itu sudah robek sebelumnya karena terlalu rapuh. Beberapa jenis olahraga seperti berkuda, bela diri, bersepeda dan sebagainya bisa menjadi penyebab robeknya selaput darah. Apalagi kalau selaput darahnya termasuk jenis yang rapuh.

2. Kelewat elastis. Tidak adanya bercak darah di malam pertama mungkin saja disebabkan belum robeknya selaput darah karena sifatnya sangat elastis. Harap diketahui, membran ini sangat fleksibel. Pada beberapa kasus ditemukan bahwa elastisitas selaput darah memungkinkannya tidak robek pada waktu pertama kali berhubungan seksual. Bahkan ada yang baru koyak setelah wanita tersebut melahirkan!

3. Darahnya tidak banyak. Atau bisa saja sebenarnya keluar bercak darah, tapi karena sangat sedikit sehingga tidak mudah terlihat oleh mata. Banyak orang yang mengira kalau selaput darah robek akan keluar banyak darah. Padahal karena sedemikian tipisnya, selaput darah yang robek tidak selalu menyebabkan keluar darah dalam jumlah banyak.

4. Tidak punya selaput darah. Perkembangan teknologi memungkinkan dilakukannya penelitian tentang selaput darah secara mendalam. Hasilnya ternyata sangat mengejutkan karena dalam penelitian yang dilakukan para seksolog ditemukan beberapa perempuan yang sejak lahir memang tidak memiliki membran ini. Pada kasus ini keberadaan selaput darah tidak selalu membuktikan bahwa perempuan belum pernah melakukan hubungan seksual masih teruji kegadisannya.

Tapi sangatlah disayangkan jika keperawanan itu hilang akibat pergaulan bebas (freesex) yang mulai marak di Indonesia. Karena penelitian terbaru penyebutkan bahwa kalangan remaja AS cenderung mulai meninggalkan perilaku seks bebas dan kembali ke hubungan konvensional dengan lebih mempertahankan keperawanan mereka hingga masa pernikahan, mungkin mereka sudah mulai jenuh dengan gaya kehidupan yang seperti itu.

Bagaimana mencegah agar keperawanan itu tetap terjaga? Caranya sangat banyak, tapi semua itu tergantung pada keseriusan perempuan yang bersangkutan dan lingkungan pergaulannya. Khususnya pada sang pacar.

Bagi wanita menjaga keperawanan adalah hal yang tidak mudah. Oleh karenanya perlu dibongkar dengan wacana yang lebih berkeadilan gender. Sehingga seandainya laki-laki mau menikah dengan perempuan, mestinya tidak perlu hanya terjebak kepada persoalan keperawanan, apakah selaput darahnya masih utuh atau tidak. Memangnya laki-laki mau menikah dengan selaput darah? Oleh sebab itu, bagi kaum laki-kali, hendaklah bisa memandang kaum perempuan secara lebih utuh dan tidak parsial. Karena cara pandang seperti itu merupakan cara pandang yang lebih manusiawi dan merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada kaum perempuan. Sekali lagi, keperawanan adalah masalah kepercayaan.

Dari semua uraian di atas, jelaslah bahwa keperawanan (virginitas) seorang wanita sangatlah penting, yang merupakan lambang kesucian, Namun yang menjadi permasalahan dan sedikit keliru adalah, virginitas tersebut diidentikkan dengan selaput darah,yang sangat merugikan kaum hawa. Padahal keperawanan bukanlah jaminan bahagianya atau langgengnya rumah tangga. Kepercayaan, keterbukaan dan pengertianlah yang harus dijadikan sebagai tolak ukur dalam menghargai keperawanan di dalm menciptakan dan membina rumah tangga yang bahagia.

Published in: on 5 Februari 2007 at 7:58 am  Comments (32)  

The URI to TrackBack this entry is: https://izzasyifa.wordpress.com/2007/02/05/virginitas-pentingkah%e2%80%a6/trackback/

RSS feed for comments on this post.

32 KomentarTinggalkan komentar

  1. ni ad satu masalah gwa mo maried tp pcr gwa g prawan dia ngomong sendiri ,hancur sih hati gwa tp mo gmn lg !!!! aslinya sih gwa g trima dpt gds g prawan tp skr mencoba untuk nrima gmn ya biar gwa mantep kedepanya ga masalahin lg ttg hilanganya keperawanan soalnya kadang2 gwa msh g trima dia ky gtu.thx

  2. yah setiap orang kan mempunyai masa lalu yang berbeda2…mungkin itulah masalalu pasangan kamu yang kelam…kamu harus berpikir yang fositif dong!!!kamu dah mo married pastinya kamu ingin menikag sekali seumur hidupkan??dan dia yang kamu pilih…so kamu harus siap dengan segala kekurangan dan kelebihannya…
    seharusnya kamu bersyukur bahwa dia mau jujur mengatakan klo dia tidak perawan lagi jauh-jauh hari sebelum kalian married…coba kamu bayang jika dia tak pernah jujur..apa jadinya rumah tangga kalian kelak..
    so..cobalah untuk berpikir lebih relevan..jika kamu benar2 menyayanginya…kamu pasti akan menerima segala kekurangannya…Thanks..n salam

  3. Assalamu ‘Alaikum
    Saya pribadi, sebagai laki-laki sudah menjadi fitrah dan menjadi suatu keutamaan bagi seorang wanita mengenai virginitas (belum bernah berhubungan sex secara haram/bukan dengan suaminya), begitupun sebaliknya. Namun tidak pantas/layak juga jika seorang pria menuntut kesucian seorang wanita sedangkan dirinya sendiri (sang laki-laki) sudah tidak perjaka lagi (pernah melakukan hubungan sex dengan wanita luar nikah), dengan kemahakuasaan Allah, dia telah membuatkan aturan dalam islam untuk berlaku setia terhadap istri/suami (sebelum menikah), larangan bersentuhan yang bukan mahram, bahkan harus waspada terhadap propaganda PACARAN ISLAMI yang begitu halus dan lembut dan indah yang mengadopsi falsafah buah langsat, kulitnya inda kuning langsat, namun tak-tahu biji di dalamnya
    emilhkhakha@yahoo.com

    • sumpah .. 4 tumb up for u guy, jangan hanya menuntut kesempurnaan sepihak tapi look back on your self …

  4. Thanks ya emil atas komentarnya…emang semua itu tergantung pada diri sendiri..islam tak pernah mengenal yang namanya pacaran..tapi perkembangan zaman dan pola hidup yang mulai mengikuti budaya barat…serta hampir semua media menampilkan hal sep itu..menjadikan para remaja semakin jauh akan aqidah agama…
    makanya segala sesuatu itu harus dimulai dari keuarga…

  5. bener .. virginitas emang sangat penting .. tapi bukan berarti virginitas menjadi suatu maslah yang dapat menyebabkan seorang wanita rendah .. orang yg tidak virgin lagi bukan berarti dia telah melakukan hubungan intim dengan pria sebelumnya .. tp bs saja disbabkan hal lain .. jadi para lelaki harus bs menerima keadaan perempuan yg tidak virgin lagi .. begitu juga wanita bs menerima lelaki yg tidak perjaka lagi .. kenapa keperjakaan tidak dapat diketahui oleh wanita,dan tidak begitu di permasalahkan ?? itu berarti kita harus bs saling menerima kekurangan ..

  6. menurutku keperawanan/keperjakaan itu penting dan merupakan lambang dari kesucian diri. tapi itu bukan satu-satunya milik kesucian itu sendiri. masih banyak kok hal-hal yang bisa membuktikan bahwa kita itu orang yang “bersih”. dengan menjaga hati dan tidak mengotorinya dengan hal-hal yang busuk. orang yang sudah tak perawan dan yang masih perawan memiliki kedudukan yang sama dalam cinta. jadi bagi laki-laki atau perempuan jangan memandang sesorang dari “itu”nya saja. kan banyak indikator lain yang bisa membuat kita jatuh cinta

  7. hiii.. ass.. klo menurut sy, tentang arti sebuah keperawanan kembali pada pribadi masing2 orang, krn arti sebuah cinta tidak dpt dpandng dr sebuah virginas saja. org yg ada dihadapam qt saat ini hrslh dpt menerima qt apaadnya tnp menuntut dr qt.. krn cinta haruslah berjalan tanpa syarat.. wass..

  8. perawan mesti lo jadiin hadiah buat suami lo nanti, keep ur virgin

  9. yak,,,

    makasih buat uraiannya,,,

    ini uraian yang pantas dan objektif sekali

    ya Tuhan…menjaga keperawanan emank susah…

    apa yang telah tergaris harus dilaksanakan,,,

    beruntunglah wanita yang sudah menjaga keperawanannya sampai menikah…

  10. thx helmi, gw salut ma respon km kya’nya ga adil kalau suatu pernikahan harus mengutamakan keperawanan itu tergantung bagaimana kita menjalani pernikahan itu sendiri so buat cewek2 mulai sekarang jangan mudah digombalin sama cowok untuk membuktikan rasa cinta kita pada mereka.. wanita harus bisa menjaga harga diri dan martabatnya…

  11. Aduh mbak,, begini… saya seorang wanita muda yang duduk di bangku SMA… selama beberapa 2-3 hari ini,, perut saya sakit sekali… tapi setelah itu langsung sembuh… dan beberapa hari kemudian perut saya sakit lagi…. apa ada masalah dengan Virgin saya?? Mohon dijawab terima kasih

  12. ya perawan itu penting banget bagi aq. karena dgan itu kita saling merasakan kepuasan. dan ingat juga para leleki harus menjaga kemaluannya sebelum menikah. nah kalau sama-sama belum merasakannya itu masti lebih mesrah dan enak.

  13. ahh,,cwo” muna smua.. bilangnya aja, yg penting cinta,, yg penting udah cocok.. klo udh cinta n cocok,, ga perawan jg gpp.. coba dehh ksi cwe yg ga perawan ke cwo yg ngomong ky gtuu.. apa dia bsa terima.. gw rasa justru ga.. hahahahahahahahahaahahaha.. pkoknya,, ga cwe ato cwo sama aja smua,, ky tai smua.. hahahha.. jd ga usah sok suci dehh klo qta jg sama” kotoran.. tai aja koq komentar sok suci.. sadar dirii.. hahahahahaha..

  14. dan gw rasa kata” hawa diciptakan dr tulang rusuk adam itu salah.. kenapa..?
    1. ga ada yg bsa buktiin.. mank bner hawa itu diambil dr tulang rusuk adam..? yakin tulang rusuk,, bukan tulang kaki, ato tulang kepala(tengkorak)..?

    fakta yg terjadi adalah,, semua orang beriman akan menjawab,, “bner lahh,, itu semua tertulis di kitab suci”

    2. semua org yg bilang itu bner, coba deh mkir,, apa sih filosofi dibalik tulang rusuk itu..? Tuhan mengambil hawa dr tulang rusuk adam karena Tuhan menginginkan pendamping yang sepadan untuk adam, diambil dr tulang rusuk karena dekat dengan tangan sehingga dapat dilindungi dan dekat dengan hati untuk dicintai.. apa kalian semua udah perlakuin cwe” ky gtu..? ato justru deket tangan untuk dipukuli dan dekat hati untuk disakiti..?

    entah tp gw rasa perlu sedikit koreksi dalam kitab suci,, seharusnya Tuhan menciptakan hawa dr tulang kaki adam karena fungsi hawa adalah untuk diperintah,, diinjak”,, dan dibuang ketika dia tidak perawan sekalipun cwonya sendiri udah nge-perawanin ribuan cwe disekitarnya..

    tp pra cwo” tuh pernah mkir ga sih,, klo cwe” pd ga perawan,, siapa sih yg ga perawanin dia..? klo udah ketemu jawabannya,, apa loe smua msi ga bsa nerima ketidakperawanan cwe itu..?

    dsar egoego,, mestinya adam diciptain bukan dr tanah dan debu,, tp dr ego.. hahahahahahahahahahaha..

  15. Ass….
    saya mau bertanya, sebenarnya saya malu tapi saya benar-benar ingin tahu, diatas dijelaskan tentang selaput darah tapi tidak dijelaskan ciri-ciri yang masih perawan atau tidak.
    soalnya saya bingung apakah saya masih perawan atau tidak karna beberapa kali jari telunjuk tangan pacar saya masuk kedalam vagina saya.” itu terjaadi 2 tahun yang lalu ketika saya masih kuliah ”
    sekarang saya sudah mau menikah, dan saya masih menjaga rahasia itu kepada calon suami saya karena itu adalah rahasian peribadi saya, saya malu kalau datang kedokter.
    saya harahp mba bisa menjawab, jika jawabannya tidak perawan, saya akan membatalkan pernikahan saya, karana calon suami saya adalah orang yang baik, suci dan terhormat.
    sejatinya orang suci hanya pantas kepada orang suci
    thank

  16. Ih serem juga bacanya…..sebenernya ga adil juga buat kita kaum perempuan. Kita dinilai ga perawan kalau ga keluar darah, tapi laki-laki? bisa dibuktikan lewat apa? kadang laki-laki bilang:” g virgin g papa, yang penting cinta” tapi kenyataanya pasti mereka tetep milih yang masih virgin kan?”(jujur aja!)
    yah..aku sih salut aja buat laki-laki yang menilai seorang perempuan tidak hanya dari sisi virgin aja..itu baru lai-laki sejati.

  17. aq spkt dengan beberapa komntar yang ad,hanya saja aq pngin nambahin dikit,soalnya masalah keperwanan kebanyakan tidak di utarakan secara langsung,klarena mngkn terdpt sifat malu,
    taspi bagiku,jika seseorang pria ingin mendapatkan virgin dr seorng wanita sehrsnya diapun sdar untuk mnjga kerperjakaannya,so biar ada keseimbngan.
    bkn ingin berlagak atau pamerin,but virginitas bknlh sgla ukrn dalm hal meryd,jika bagku yang menjadi tolak ukur pertma adlah hatinya. becoz jika engkau mendaptkan hati sorang pria or wanita,mka itulh kunci dri segalnya,so virgnts mrpkan hal k 2 bgku stlah hati. namun msng2 ppribadi berbda dlm banyak hal,so gua serahin semuanya ja ma loe. good LCK

  18. wah klu menurut gua sih keperawanan tu gak terlalu penting……………..?
    yang penting dia udh jujur ma kita klu dia tu gak perawan lg
    kita menikah bukan dengan perawan nya kan tapi dengan seorang gadis kan ……………………………………………………………………..

  19. hemm kalo saya masalahnya lain…saya gadis masih parawan ..dan baru2 ini cow gw ngomong sendiri kalo dia udah ga perjaka lagi…ya tentu saja gw ga terima da marah besar,,,gw stengah mati jagain keperawanan gw dan cow gw enak2 aja bilang kalo dulu dia pernah ML ma pacarnya…salah ga kalo gw putusin untuk ga berhubungan lagi ma dia..???
    gw kecewa…..

  20. perawan ato gak itu gak penting…!
    yang penting saling jujur dan percaya aja udah cukup untuk menjalin suatu hubungan..

    itu kan cuma bagian dari masa lalu perempuan itu, yang penting kan dari sekarang dan seterusnya wanita itu cinta sama lo…

    kalo lo laki2, lo pilih mana?
    perempuan yang udah gak perawan tapi bisa ngertiin lo, ngargain lo, atau perempuan perawan yang banyak maunya & gak bisa ngargain lo samasekali?

    now is up to you guys..?!

  21. cwe gk virgin itu gk brrti dy cwe gk bener..
    selaput darah cwe itu tipis..
    jd ps aj krn jatuh atau olhraga trlalu keras slaput drh pecah..
    jd brpikir scra luas n jgn kuno..berpkir klo gk virgin brrti krn mlakukan hubungan sex atau dy cwe gk bner..

    mau virgin atau gk..
    yg pnting jujur n bahagia ma pasangannya..

  22. kalo lo baru mo merid,justru gw taunya pas dah akad nikah stlh mlm pertama gw nemuin buku catatan kecil doi disitu ada cerita kalo dia pernah melakukan ML dengan para mantan co nya,gw sempet kcw n sakit hati hampir aja gw cerai,tapi akhirnya gw bs terima smpai skrg dah brjalan 11 tahun prnikahan gw n anak gw dah 6,gw terima yang penting ga akan berbuat macam smua ada tanggung n jawab,jalanin aja trs walau susah mlupakan,brdoa n sabar akui kalo ini dah jalan kita,brsaha tuk jd yg terbaik

  23. sisi baiknya dia dah pengalaman buruknya dia g jjr,kalo jjr pasti g jadi ama lo ! emang sulit nrimanya
    sampe skrg aja gw msh keingetn trs,akhirnya gw tes istri gw untuk kt coba cr cowo 1 lg untuk maen bertiga n dia setuju bahkan sering minta itu dah membuktiikan dia sebenarnya parah apalagi istri gw dah steril jadi makin jadi aja dia selingkuh sama co n sama dokternya

  24. thengss iach informasina menarik bangedhh,,,

  25. virginitas bukan menjadi patokan kesuciaan seseorang.tetapi sifat dan prilaku kita yang membawa virginitas itu hilang atau tidaknya?segala sesutu itu datang dari diri kita masing2 dan kita juga sudah tahu mana yang seharusnya harus dilakukuan dan mana yang seharusnya tidak dilakukan……….???????

    TRIM’S

  26. ak dah nikah .hancur hatiku saat itu gak trima slalu hadir dl batinku ak sering marah klu sedikit tersinggung gak enak bekas orang lain dancuk jaran tenan

  27. pejuh tenan gak enak pengen golek slingkuan gw obati sakit hati

  28. ya penting dung

  29. sy s7 dgn penjelasan d atas yg menyatakn bahwa suatu virginitas ini jgnlah menjadi suatu masalh dalm rmh tangga tp bangunlah kepercayaan dalam rmh tangga krn bukan selaput darah yg akan membahagiakan tp kepercayaanlah dan keterbukaan.

  30. jika ia sebuah cinta…..ia mungkin tidak suci..namun senantiasa tulus..

  31. maf mba
    saya bingung knp laki” sllu ingnkn istri yg perawan tapi dia sendiri tiak prnh mghargai keperwanan se1 wanita
    apakah ada laki” yg siap mnrma wanita yg sudah tidak prawan laki
    trmkh


Tinggalkan Balasan

