Perdebatan Agama

Perdebatan antar agama memang sering kali terjadi..bahkan beberapa kurun waktu terakhir masing-masing orang beropini, berkesimpulan bahwa agama mereka yang terbaik. Seiring dengan maju pesatnya internet disertai dengan menjamurnya website dan blog free…banyak dari para blogger yang ikut-ikutan membuat perdebatan antar agama… mengagung-agungkan agama mereka dan tak sedikit yang menghujat agama yang lain…

Aku hanya berfikir untuk apa mempermasalahkan agama yang dianut oleh manusia, bukankah masing-masing dari kita memiliki hak beragama yang sudah kita anut dari nenek moyang kita. Kalaulah ada segelintir orang yang berpindah agama, bukan karena hasutan atau pengaruh orang lain, tapi mungkin dia merasakan ketenangan dan perlindungan dalam agama barunya. Bukankah setiap agama juga mengajarkan kita untuk melakukan hal yang baik dan bermanfaat bagi orang lian??lantas apa yang harus di hujat dan disalahkan??tentang asal usul dan kejadian??mengapa harus dipermasalahkan, sedangkan dalam islam sendiri sudah dituliskan didalam Al-Qur’an Surat Al-Kafiruun ” Bagimu agamamu dan bagiku agamaku”.

Dari ayat di atas sudah jelas tertera makna bahwa setiap orang berhak atas agama yang dianutnya. So buat apa kita sibuk-sibuk mencampuri dan mengaduk isi dari suatu agama??..

Biarkan semua dengan agama yang dianutnya..Terpenting adalah bagaimana dari setiap umat yang beragama bisa menjaga kerukunan dan keharmonisan dalam lingkungan juga negaranya.

Published in: on 21 April 2007 at 5:04 am  Comments (14)  

The URI to TrackBack this entry is: https://izzasyifa.wordpress.com/2007/04/21/perdebatan-agama/trackback/

RSS feed for comments on this post.

14 KomentarTinggalkan komentar

  1. Ya, benar. Bahkan bukan hanya dengan penganut agama lain kita perlu bertenggang rasa. Dengan sesama pemeluk Islam dengan aliran pemahaman yang berbeda pun kita perlu bertoleransi, bukan?

  2. SETUJU!!!!!! Tul, ngapain yach pusing2 berdebat, yg ada malah nambah dosa, ya ga? gw setuju bg ma lo. yg penting, bentengi diri sendiri dulu, apa udah bener or blom..😀 gw suka banget ma tulisan2 lo, thx bgd yach, coz sedikit pengaruhnya bwt gw, gw jd positif thingking about everything that you wrote in ur web, key.. SEMANGAT!!!!

  3. oke saya setuju..belum tentu agama yang diperdepatkan juga benar ya intinya itu didirinya masing – masinglah.. la wong di tanya allah itu ada dimana banyak yang ndak tau kok debat masalahkan agama, sedangan nama maha pencipta itu juga tidak punya nama kok yang ngasih namakan juga manusia juga…aneh nalar’e cetek kok ngotot..

    • Memang tidak tahu di mana Allah, kalau tahu semua jadi baik. Sebab takut akan azab Allah.

  4. gw setuju,,,
    tapi ada perkataan lo yg salah..(Al-Qur’an Surat Al-Kafiruun ” Bagimu agamamu dan bagiku agamaku”.)

    itu masudnya lo tw gk?? itu maksudnya, kita boleh menyebarkan agama kita, tapi dari agama yg kita sebarkan itu ada beberapa agama lain yg disebarkan… yang mana yg dipilih itu yg paling baik..

    dan mengapa ada perdebatan?? karena mereka mencari yg benar dan yang mana yg lurus??? sekaligus menjelaskan agama yang dianutnya…

    maap kalau salah ngomong….
    kalau orang2 yang cuek seperti kalian semua, kaian gk bakalan tau yang mana yang betul, karena kalian udah wajib berfikir sendiri,,,

    mohon maaf ya kalau ada salah kata2…

  5. Gw setuju bgt, cz hidup tanpa suatu kepercayaan/keyakinan seperti kapas yg mau aja dibawa kemana2 oleh angin,
    seperti zaman sekarang ini anak muda banyak yg melakukan maksiat,
    itu semua krn mereka ga punya suatu pegangan dan hanya mengikuti arus perkembangan zaman yang salah,
    Meski perbedaan itu indah,,,

  6. Ass. Wr. Wb
    Saudara-saudaraku,
    Agama adalah sebuah jembatan yang menghubungkan antara hubungan manusia dengan Allah yang di dalamnya terdapat aturan2 yang harus di patuhi oleh setiap penganut umat Agama itu masing2, jika setiap manusia inggin mempertentangkan dan mempertahankan pendapatnya akan Agama yang di anutnya , maka hal ini sudah salah besar karena Agama bukan untuk di jadikan bahan untuk saling mencari siapa yang paling benar dan siapa yang merasa benar, akan tetapi Agama itu sebagai petunjuk agar manusia akan menjadi benar, dan tidak ada agama manapun di turunkan alloh untuk mengajarkan manusia, saling menyakiti, saliang menghujat apa lagi berakhir dengan saling membunuh hanya di karenakan ingin merasa benra atas pendapat sendiri, perlu di inggat semua agama di turunkan dari sumber mata air yang sama(AllAH).
    sehingga marilah kita memahami akan diri kita masing2 apakah kita sudah merasa benar dan apakah kita sudah menjalankan apa yang menjadi kewajiban kita sebagai pemeluk agama yang baik dan apakah kita sudah melaksakan perintah dari ajaran agama yang kita anut?….
    mari kita renungkan pada diri kita masing?………
    jangan lah membuat diri kita menjadi orang yang menghancurkan perdamain di atas bumi ini.

    Salam perdamaian untuk seluruh umat.
    Wassalam
    Muhammad Aris (muallaf)

  7. ass…
    saya setuju dengan sdr muhammad aris, agama adalah sebuah jembatan yang menghubungkan antara manusia dengan Tuhan.
    terkadang orang-orang menganggap agamanyalah yang terbaik padahal semua Agama baik yang memberi petunjuk kepada umatnya untuk berbuat baik dan saling menghormati karena semua kitab suci diturunkan oleh Tuhan untuk diamalkan…

    memang kebanyakan dari kita memilih agama adalah dari agama keturunan yang mana ikut dengan orang tua kita tetapi akan lebih baiknya kita sendri mengkaji agama yang kita anut “apakah agamaku yang terbaik untuk diri ku”

    wassalam….

  8. Agama itu tidak ada yang mengajarkan kepada kita untuk berbuat yg tidak baik & dosa.semua agama itu bagus,benar tidak ada yg salah
    .yg salah itu manusia nya itu sendiri kenapa di perdebatkan.
    kalo ada di anatara kalian yg mengetahui orang yg berdebat beritahu saya di mna kapan beritahu saya alamat nya
    nanti akan saya tindak lanjut…..

  9. seluruh manusia di dunia ini merupakan suatu keluarga besar
    Kalau pun ada perbedaan dalam menyebut Tuhan kenapa itu harus dipermasalahkan jika semua itu bermuara pada yang satu???
    semua orang berlomba2 n menganggap agamax yg paling benar padahal manusia tidak diukur dari agamanya atau pun kepercayaannya!
    tapi [diukur] dari sejauh mana ia [manusia] bermanfaat bagi sesama!
    karena semua agama baik [termasuk kepercayaan] sepanjang tidak merusak lisan!

  10. yah semua ber usaha mmpertahankan pendapatx itu sudah hal biasa d dlm kehidupan.

  11. saya mau tanya apa benar islam itu lbih sempurna ,,, tpi knp seorang wanita dalam agama islam rendah di bandingkan laki “

  12. saya mau tanya kenapa kita mesti beragama??

  13. siapa yang pernah melihat TUHAN……..??????


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: